Patah Tulang (Fraktur): Jenis, Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan - KESEHATAN

Wednesday, July 17, 2019

Patah Tulang (Fraktur): Jenis, Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan

patah-tulang-doktersehat

DokterSehat.Com– Fraktur adalah patah tulang, yang dapat berkisar dari retakan tipis hingga patah. Patah tulang bisa melintang, memanjang di beberapa tempat, atau menjadi beberapa bagian. Biasanya, patah tulang terjadi ketika tulang dipengaruhi oleh kekuatan atau tekanan lebih. Jika Anda menduga mengalami patah tulang, segera dapatkan bantuan medis.

Fraktur adalah kondisi yang memiliki beberapa cara berbeda di mana tulang bisa patah; misalnya, patah tulang yang tidak merusak jaringan di sekitarnya atau merobek kulit yang dikenal sebagai fraktur tertutup. Di sisi lain, salah satu yang merusak kulit di sekitarnya dan menembus kulit dikenal sebagai fraktur kompon atau fraktur terbuka. Fraktur kompon biasanya lebih serius daripada fraktur sederhana, karena menurut definisi, patang tulang ini bisa menyebabkan terinfeksi.

Jenis Patah Tulang

Berikut ini berbagai jenis fraktur atau patah tulang untuk membedakan kondisinya, di antaranya:

1. Patah avulsi

Patah tulang jenis ini adalah cedera pada tulang di mana tendon atau ligamen melekat pada tulang. Ketika fraktur avulsi terjadi, tendon atau ligamen menarik sepotong tulang. Fraktur avulsion dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi lebih sering terjadi di beberapa lokasi tertentu.

2. Fraktur kominutif

Adalah patah atau serpihan tulang menjadi lebih dari dua bagian. Karena kekuatan dan energi yang cukup dapat memecah tulang, jenis patah tulang ini terjadi setelah trauma seperti kecelakaan kendaraan.

3. Fraktur kompresi

Jenis fraktur ini biasanya terjadi pada tulang yang bertonjolan di tulang belakang. Sebagai contoh, bagian depan tulang belakang bisa rapuh karena osteoporosis.

4. Fraktur dislokasi

Cedera parah di mana fraktur dan sendi terkilir terjadi secara bersamaan. Biasanya, potongan tulang yang longgar tetap tersangkut di antara ujung-ujung tulang yang dislokasi dan mungkin harus diangkat melalui pembedahan sebelum dislokasi dapat diatasi.

5. Fractur greenstick

Sebagian tulang patah di satu sisi, tetapi tidak pecah sepenuhnya karena sisa tulang dapat membengkok. Kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak, yang tulangnya lebih lembut dan lebih elastis.

6. Fraktur garis rambut

Fraktur garis rambut atau juga disebut fraktur stres, adalah retakan kecil atau memar parah di dalam tulang. Jenis fraktur ini paling sering terjadi pada atlet, terutama atlet olahraga yang mengharuskan lari dan lompat. orang yang menderita osteoporosis juga dapat mengalami fraktur garis rambut.

7. Fraktur impaksi

Ini mirip dengan fraktur kompresi, namun fraktur ini terjadi di dalam tulang yang sama. Ini merupakan fraktur tertutup yang terjadi ketika tekanan pada kedua ujung tulang, menyebabkannya terbelah menjadi dua bagian yang saling tertahan. Jenis fraktur ini biasanya terjadi pada orang yang mengalami kecelakaan mobil dan jatuh.

8. Fraktur longitudinal

Jenis fraktur ini biasanya cukup panjang dan retakan sepanjang sumbu tulang. Karena fraktur ini selalu mengikuti sumbu tulang, dan biasanya merupakan fraktur yang tidak bergeser. Fraktur dapat dibagi menjadi dua atau lebih garis fraktur.

9. Fraktur oblik

Adalah patah tulang yang relatif umum di mana tulang patah secara diagonal ke sumbu panjang tulang. Fraktur oblik bervariasi dalam tingkat keparahannya, tergantung pada tulang apa yang terpengaruh dan seberapa besar patahnya. Fraktur miring cenderung terjadi pada tulang yang lebih panjang seperti tulang paha atau tibia.

10. Fraktur patologis

Ketika penyakit atau kondisi yang mendasari telah melemahkan tulang, mengakibatkan fraktur (patah tulang yang disebabkan oleh penyakit atau kondisi dasar yang melemahkan tulang).

11. Fraktur spiral

Fraktur spiral ini juga dikenal sebagai fraktur torsi, merupakan jenis fraktur lengkap. Fraktur ini terjadi karena gaya rotasi atau terpelintir.

12. Fraktur stres

Adalah patah kecil pada tulang. Retakan tipis muncul karena tekanan yang berulang, biasanya disebabkan oleh penggunaan anggota tubuh berlebihan. Sebagian besar fraktur stres terjadi pada tulang kaki dan kaki bagian bawah, yang menumpu beban tubuh.

13. Fraktur torus (buckle)

Tulang mengalami deformasi tetapi tidak retak. Lebih sering terjadi pada anak-anak. Fraktur tulang ini menyakitkan tetapi stabil.

14. Fraktur transversal

Berikutnya adalah jenis spesifik dari fraktur di mana patah berada pada sudut yang tepat terhadap bidang panjang tulang. Fraktur transversal biasanya terjadi sebagai akibat dari gaya kuat yang diterapkan tegak lurus terhadap sumbu panjang tulang. Fraktur ini juga mungkin akibat dari fraktur stres di mana banyak istirahat mikroskopis terbentuk di tulang dari stres berulang, seperti berlari.

Penyebab Patah Tulang

Anda dapat berisiko mengembangkan patah tulang jika tulang dipengaruhi dengan tekanan yang lebih besar atau kekuatan dari itu dapat mendukung. Gaya ini biasanya terjadi secara tiba-tiba atau sangat intens. Kekuatan-kekuatan menentukan tingkat keparahan fraktur.

Beberapa penyebab umum patah tulang meliputi:

  • Jatuh
  • Benturan menyerang langsung ke tubuh Anda
  • Peristiwa traumatis, seperti kecelakaan mobil atau luka tembak
  • Cedera karena olahraga.

Gejala Patah Tulang

Sebagian besar patah tulang atau fraktur disertai dengan nyeri hebat ketika cedera awal terjadi. Ini bisa menjadi lebih buruk ketika Anda bergerak atau menyentuh area yang terluka. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan bisa pingsan karena rasa sakit. Anda mungkin juga merasa pusing atau kedinginan karena syok.

Tanda dan gejala fraktur potensial lainnya meliputi:

  • Bunyi kertak ketika cedera terjadi
  • Bengkak, kemerahan, dan memar di area yang terluka
  • Kesulitan menopang berat badan dengan area luka
  • Kelainan bentuk terlihat di area cedera
  • Angulation (area yang terkena mungkin tertekuk pada sudut yang tidak biasa)
  • Jika fraktur terbuka, mungkin ada perdarahan
  • Dalam beberapa kasus, Anda mungkin melihat tulang yang patah menembus kulit Anda
  • Terlihat pucat
  • Perasaan sakit dan mual.

Diagnosis Patah Tulang

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, mengidentifikasi tanda dan gejala, dan membuat diagnosis. Pasien akan diwawancarai, atau teman, saudara, dan saksi jika pasien tidak dapat berkomunikasi dengan baik,- tentang keadaan yang menyebabkan cedera atau yang mungkin menyebabkannya.

Selain tiu, dokter akan sering melakukan rontgen. Dalam beberapa kasus, MRI atau CT scan juga dapat dilakukan.

Penyembuhan fraktur adalah proses alami, dalam banyak kasus, akan terjadi secara otomatis. Perawatan fraktur biasanya bertujuan untuk memastikan ada fungsi terbaik dari bagian yang terluka setelah penyembuhan.

Pengobatan Patah Tulang

Jika Anda didiagnosis mengalami patah tulang, rencana perawatan akan tergantung pada jenis dan area pada tubuh.

1. Menstabilkan patahan tulang

Secara umum, dokter akan mencoba mengembalikan potongan tulang yang patah ke posisi semula dan menstabilkan tulang-tulang tersebut saat sembuh. Penting untuk menjaga potongan tulang yang rusak tidak bergerak sampai mereka sembuh.

Selama proses penyembuhan, tulang baru akan terbentuk di sekitar tepi potongan yang patah. Jika tulang benar-benar selaras dan stabil, tulang baru pada akhirnya akan menghubungkan potongan-potongan.

2. Penggunaan gips

Dokter Anda mungkin menggunakan gips untuk menstabilkan tulang patah Anda. Gips Anda kemungkinan besar terbuat dari plester atau fiberglass. Ini akan membantu menjaga area yang cedera stabil dan mencegah potongan tulang yang rusak bergerak saat patah tulang sembuh.

3. Penggunaan katrol

Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin memerlukan daya tarik untuk menstabilkan area yang cedera. Traksi meregangkan otot dan tendon di sekitar tulang Anda.

Dokter Anda akan merawat patah tulang menggunakan sistem katrol dan bobot diposisikan dalam bingkai logam di atas tempat tidur Anda. Sistem ini akan menghasilkan gerakan menarik lembut yang dapat digunakan dokter untuk menstabilkan area yang cedera.

4. Pembedahan

Untuk fraktur kompleks, Anda mungkin perlu pembedahan. Dokter mungkin menggunakan reduksi terbuka, dan fiksasi internal atau fiksasi eksternal untuk menjaga agar tulang tidak bergerak.

Dalam reduksi terbuka dan fiksasi internal, dokter Anda akan mengubah posisi atau “mengurangi” potongan tulang yang patah ke dalam garis normal tulang. Kemudian mereka akan menghubungkan atau memperbaiki tulang yang patah. cara ini dilakukan dengan menggunakan sekrup, pelat logam, atau keduanya. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin memasukkan batang melalui pusat tulang Anda.

Dalam fiksasi eksternal, dokter akan menaruh pin atau sekrup ke tulang di atas dan di bawah area fraktur. Dokter akan menghubungkan pin atau sekrup ini ke batang penstabil logam yang diposisikan di bagian luar kulit Anda. Batang akan menahan tulang di tempatnya saat penyembuhan.

5. Obat patah tulang

Dokter mungkin juga akan meresepkan obat patah tulang untuk mengontrol rasa sakit, melawan infeksi, atau mengelola gejala atau komplikasi lain. Setelah tahap perawatan awal, dokter dapat merekomendasikan terapi fisik atau prosedur lain untuk membantu Anda menyembuhkan fraktur.

Pencegahan Patah Tulang

Berikut ini tips dalam mencegah fraktur atau patah tulang yang dapat Anda terapkan setiap hari:

1. Nutrisi dan sinar matahari

Tubuh pada dasarnya membutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk kesehatan tulang. Sumber kalsium yang baik bisa Anda dapatkan dari susu, yoghurt, keju, dan sayuran berdaun hijau gelap.

Tubuh juga membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Anda bisa mendapatkan vitamin D dengan berjemur dibawah sinar matahari (disarankan dipagi hari), makan telur, dan ikan berminyak.

2. Aktivitas fisik

Jika sering latihan menahan beban, semakin kuat dan padat tulang Anda. Latihan yang membuat tulang Anda kuat misalnya berlari, berjalan, berlari, melompat, dan menari, atau latihan apa pun itu yang dapat menguatkan tulang. Dengan begitu Anda dapat mencegah patah tulang.

3. Menopause

Estrogen adalah hormon yang mengatur kalsium pada wanita. Hormon ini akan berkurang selama menopause, yang membuat pengendalian kalsium jauh lebih sulit. Akibatnya, wanita harus sangat berhati-hati pada tulangnya selama dan setelah menopause.

Tips berikut ini dapat membantu Anda mengurangi risiko osteoporosis setelah menopause:

  1. Jika kecanduan merokok, segera berhenti sama sekali
  2. Lakukan latihan beban singkat setiap minggu
  3. Hindari alkohol
  4. Sering berjemur dibawah sinar matahari
  5. Pastikan pola makan yang mengandung banyak kalsium. Bagi Anda yang kesulitan mengonsumsi makanan berkalsium, dokter mungkin menyarankan mengonsumsi suplemen kalsium.

Share with your friends

Give us your opinion